Social Icons

Jumat, 10 November 2017

ARTI DAN MAKNA PAHLAWAN DAHULU, SEKARANG DAN MASA DEPAN






ARTI DAN MAKNA PAHLAWAN

DAHULU,  SEKARANG DAN MASA DEPAN

Berkaitan dengan peringatan Hari Pahlawan pada hari Jumat Tanggal 10 November 2017 ini, maka penulis berusaha mencari tahu pengertian pahlawan, yang penulis kutip dari beberapa sumber. Dengan tujuan kita ini lebih memahami apa arti dan makna pahlawan.

Apakah pahlawan itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani. Kata pahlawan berasal dari bahasa Sansekerta phala-wan. Arti dari istilah Sansekerta tersebut adalah orang yang dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, Negara dan agama. Pahlawan (Sanskerta: phala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala)] yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama) adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah beranI (Sumber: Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, Diakses Online Pada Tanggal 10 November 2017, Pukul 10.40 WIB

Menurut Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 33 tahun 1964 tentang penetapan, penghargaan, dan pembinaan terhadap pahlawan Bab I Pasal 1, yang dimaksud dengan pahlawan dalam peraturan ini adalah sebagai berikut. Warga Negara Republik Indonesia yang gugur atau tewas atau meninggal dunia akibat tindak kepahlawanannya yang cukup mempunyai mutu dan nilai jasa penjuangan dalam suatu tugas perjuangan untuk membela Negara dan bangsa.  Warga Negara Republik Indonesia yang masih diridai dalam keadaan hidup sesudah melakukan tindak kepahlawanannya yang cukup membuktikan jasa pengorbanan dalam suatu tugas perjuangan untuk membela Negara dan bangsa dan dalam riwayat hidup selanjutnya tidak ternoda oleh suatu tindak atau perbuatan yang menyebabkan menjadi cacat nilai perjuangan karenanya.

Berdasarkan review dari pengertian pahlawan di atas serta pengalaman hidup. Menurut penulis yang dinamakan pahlawan, terdiri dari 3 (tiga) pengertian pahlawan.
·        Pengertian pertama adalah pahlawan yang berjuang pada masa lalu
·        Pengertian kedua adalah “pahlawan” pada masa sekarang
·        Pengertian ketiga adalah “pahlawan” masa akan datang

Pengertian pertama adalah pahlawan yang berjuang pada masa lalu dengan mengangkat senjata, bambu runcing, rencong, golok ataupun berbagai alat perang, ini benar-benar mutlak dari arti serta makna pahlawan yang sebenarnya, atau pahlawan sejati yang tidak hanya berjuang tetapi rela  mengorbankan jiwa raga, demi menumpas intervensi dan cengkraman bangsa asing. Pahlawan tersebut  muncul dan bangkit tanpa terpikir imbalan jasa atau uang, pahlawan tersebut merasakan dan mengalami sendiri kehidupan yang dari sekian tahun terjajah, teraniaya, terhina, dan terinjaknya martabat harga diri sebagai manusia dan bangsa. Hal inilah yang akhirnya memunculkan pahlawan-pahlawan nasional, yang mempunyai tekad perjuangan bagi bangsa dan negara yang dicintainya. Ini adalah Pahlawan yang sebenarnya, bukan hanya mencantumkan kata pahlawan saja, tetapi sudah membuktikannya, bahkan tanpa menikmati hasil perjuangannya. Hasil perjuangannya untuk generasi selanjutnya, yaitu terlepasnya belenggu penganiayaan dan penjajahan bangsa asing.

Pengertian kedua adalah pahlawan pada masa sekarang. Merupakan sekumpulan  orang-orang yang yang meneruskan perjuangan pahlawan yang sejati (tanpa melawan penjajahan bangsa asing), dengan mengisi dan meningkatkan kehidupannya untuk keluarga, untuk yang bekerja di perusahaan, ataupun untuk yang bekerja demi bangsa dan negara. Senjata mereka adalah  berjuang menggunakan teknologi yang lebih maju, dalam memuaskan semua kebutuhan hidupnya, dalam segala tingkatan. Hasil perjuangannya untuk generasi yang akan datang, dan hanya diakui oleh yang diperjuangkan.

Pengertian ketiga adalah pahlawan masa akan datang. Merupakan orang-orang yang mengisi kehidupannya, dengan memperjuangkan dan memelihara sumber daya alam, untuk masa depan bumi yang satu ini. Agar dapat diwariskan ke anak cucut buyut kita yang akan datang. Semua kegiatan dalam mengisi kehidupan yang ada, dengan mempertimbangkan keutuhan sumber daya alam yang semakin terkikis dan berkurang.

Pada pengertian pahlawan kedua dan ketiga, kata-kata “pahlawan” diberikan tanda kutip, hal ini berhubungan dengan persepsi akan pengertian dan makna dari pahlawan itu sendiri. Karena pengertian pahlawan pertama, itu sudah jelas perjuangannya demi bangsa dan negara. Sedangkan pengertian pahlawan kedua, berhubungan dengan tindakan seseorang dalam pemenuhan isi perut dari suatu keluarga, dan keluarga tersebut pasti mengakui, bahwa seseorang yang melakukan tindakan dengan berjuang yang mencari nafkah adalah pahlawan bagi keluarga tersebut. Untuk pengertian yang ketiga, pahlawan ini akan muncul ketika sadar, bahwa bumi ini semakin krisis, dan harus diperlihara, tidak hanya dieksploitasi saja sumber daya alam-nya. Dan orang-orang penggiat tersebut yang melakukan tindakan perjuangan, akan disebut pahlawan lingkungan hidup.


SELAMAT HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2017
Semoga muncul pahlawan-pahlawan pengharum Bangsa Indonesia dari Berbagai Bidang
*****

1 komentar:

  1. Bisa pesan g mba putu Mayang y lewat delivery mau satu bungkus ja mba??

    BalasHapus

Number visiter